Tips Go International dari Penulis Kak Cathy Octo

Lika-Liku Perjalanan, dari Fanfiction ke Webtoon!

CREATORRAID

MatchaPafe

9/15/20233 min baca

Hai, semuanya! Kemarin teman Ara ada yang habis curhat, nih! Dia suka menulis cerita dan ingiiin banget bergabung di industri perkomikan. Tapi sayang, teman Ara keahliannya bukan di bidang gambar!

Kebetulan, Ara kenal dengan orang yang tepat! Buat semua teman Ara yang juga ingin jadi penulis cerita dan komik, yuk simak bincang-bincang Ara dengan Kak Cathy Octo, penulis keren yang novel-novelnya sudah diadaptasi ke format webtoon di pasar internasional!

๐—›๐—ฎ๐—น๐—ผ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ ๐—–๐—ฎ๐˜๐—ต๐˜†, ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—บ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ต ๐˜€๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ ๐—ป๐—ด๐—ผ๐—ฏ๐—ฟ๐—ผ๐—น ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ด ๐—”๐—ฟ๐—ฎ!

Halo Araaa! Terima kasih juga udah mau ngobrol sama akuu!

๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป-๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐˜! ๐—™๐—ฎ๐˜ƒ๐—ผ๐—ฟ๐—ถ๐˜ ๐—”๐—ฟ๐—ฎ โ€œ๐—ง๐—ต๐—ฒ ๐—š๐—ผ๐—ฑ ๐—ผ๐—ณ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ถ๐—ป'๐˜€ ๐—š๐—ฟ๐—ผ๐—ผ๐—บโ€ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ง๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜€! ๐—ง๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ โ€œ๐—ข๐—ณ๐—ณ๐—ถ๐—ฐ๐—ฒ ๐—š๐—ผ๐—ฑ๐˜€โ€ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป โ€œ๐— ๐—ฎ๐—ถ๐—ฑ ๐—ณ๐—ผ๐—ฟ ๐—›๐—ถ๐—ฟ๐—ฒโ€ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ช๐—ฒ๐—ฏ๐˜๐—ผ๐—ผ๐—ป ๐—จ๐—ฆ ๐—ท๐˜‚๐—ด๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป!

Makasih Ara! Semua ini bisa terjadi karena aku punya partner artist buat masing-masing judulnya. Untuk โ€œThe God of Painโ€™s Groomโ€ itu Cloverbl, untuk โ€œMaid for Hireโ€ itu ada Erry Juhana, dan untuk โ€œOffice Godsโ€ kebetulan ada tim dari studio komik Indonesia yang disediakan Tapas, namanya Kisai.

๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป, ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—น ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฏ๐—ถ๐˜€๐—ฎ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐˜‚๐—ป ๐—ธ๐—ฒ ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐˜๐˜‚ ๐—ด๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ?

Awalnya aku ga nyangka sih bisa bikin komik. Jujur, aku dulu jauh lebih fokus menulis novel, awalnya dimulai dari fanfiction โ€œNarutoโ€.

Setelah beberapa lama menulis di fanfiction.net, aku mulai nulis di Wattpad. Ternyata sambutan di Wattpad Inggris itu luar biasa sekali, novelku yang โ€œMaid for Hireโ€ tembus 10 juta pembaca. Bahkan novel โ€œThe Quirky Tale of April Haleโ€ tembus 50 juta pembaca. Itu kira kira tahun 2012.

Setelah itu aku break nulis sama sekali untuk mencoba kerja kantoran.

๐—˜๐—ต? ๐—ฆ๐—ฒ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐˜€๐—ฒ๐˜€ ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—ท๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฟ๐˜‚ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—ต๐—ถ๐—ฎ๐˜๐˜‚๐˜€?! ๐—Ÿ๐—ฎ๐—น๐˜‚ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป?

Di tahun 2015-2016, aku masuk ke CIAYO. Sebelumnya CIAYO itu bukan perusahaan komik, lho!

Saat CIAYO pivot, akhirnya aku mulai nulis komik di sana, judulnya โ€œLove Has Fangsโ€. Setelah โ€œLove has Fangsโ€ selesai, aku pitching novel โ€œMaid for Hireโ€ untuk dijadikan komik, dan diterimaaa! Aku banyak adjust ceritanya supaya lebih cocok ke pasar Indonesia, dan โ€œMaidโ€ berlanjut sampai masuk ke season 2 di CIAYO.

Di saat yang bersamaan, Tapas kontak aku buat masukin โ€œApril Haleโ€ ke koleksi novel mereka. Tapi aku merasa novel itu ga cocok di Tapas karena dulu Tapas itu ranah genre BL (Boyโ€™s Love). Jadiii aku pitching novel โ€œThe God of Painโ€™s Groomโ€. Ternyata novelnya lumayan berhasil, lalu mereka menawarkan untuk dibuatkan komiknya. Cloverbl adalah character artist yang dulu aku comission buat bikin karakter โ€œTGOPGโ€ waktu masih jadi novel, jadi aku tanya apakah dia tertarik untuk jadi comic artist juga.

Tahun 2020, CIAYO tutup dan aku mendapatkan balik hak cipta โ€œMaid for Hireโ€. Karena kebetulan Webtoon sedang ada Beta Canvas, aku tanya apa Erry tertarik untuk repost โ€œMaidโ€ di Canvas. Aku adjust balik dialognya supaya cocok ke pasar US, dan 3 bulan kemudian editor Webtoon kontak kita untuk masuk ke Originals! Saat itu terjadi, aku jadi mikir mungkin aku memang dikasih jalan di komik, jadi aku mulai fokus di sana.

๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—ท๐˜‚ ๐—ช๐—ฒ๐—ฏ๐˜๐—ผ๐—ผ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ถ๐—ธ๐˜‚ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐˜, ๐˜†๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ. ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ป ๐—ธ๐—ฎ๐—ด๐˜‚๐—บ, ๐—ฑ๐—ฒ๐—ต!

๐—ž๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐˜‚ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐˜€๐—ฒ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ๐˜†๐—ฒ๐—ธ ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ?

Sekarang aku lagi bikin komik webtoon kedua aku bareng sama Ellenic dan juga sedang membangun pitch deck dengan Erry lagi untuk webtoon lanjutan setelah โ€œMaidโ€ selesai.

๐—ช๐—ฎ๐—ต, ๐—ฎ๐˜€๐˜†๐—ถ๐—ธ! ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐˜๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚ ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐˜€๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ท๐˜‚๐˜๐—ป๐˜†๐—ฎ! ๐—ฆ๐—ฒ๐—บ๐—ผ๐—ด๐—ฎ ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ ๐˜†๐—ฎ, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ!

๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป, ๐—ป๐—ถ๐—ต. ๐—”๐—ฝ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ผ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐˜€ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐—ฟ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฏ๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜„๐—ฒ๐—ฏ๐˜๐—ผ๐—ผ๐—ป? ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—น ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐˜‚๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐˜!

Aku suka bikin cerita, ga ada alasan lain!

Komik itu juga platform yang unik. Kita harus bisa balance di bagian tulisan dan gambarnya supaya yang ingin disampaikan bisa maksimal. Kita bisa pakai storytelling yang non-linear, ganti-ganti POV character, juga meng-utilize long format-nya webtoon supaya penceritaannya lebih menarik. Itu semua sangat menarik dan aku suka belajar hal baru setiap harinya.

๐—›๐—บ๐—บ, ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—น๐—บ๐˜‚, ๐—ป๐—ถ๐—ต! โœ๏ธ

๐—ข๐—ต ๐—ถ๐˜†๐—ฎ, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ. ๐—ฆ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ-๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ ๐˜๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ, ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ต๐˜‚๐˜€๐˜‚๐˜€ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐˜ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ?

Sebenarnya menulis itu tetap saja pekerjaan ya, jadi aku jujur ga ada yang menonjol berkesannya. Tapi, bulan ini aku sedang selebrasi! Aku sudah menggambar total 400 episode storyboard sampai bulan ini!

๐Ÿฐ๐Ÿฌ๐Ÿฌ ๐—ฒ๐—ฝ๐—ถ๐˜€๐—ผ๐—ฑ๐—ฒ?! ๐—ฆ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐˜ ๐˜†๐—ฎ, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ! ๐—›๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—น ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐˜‚๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜„๐—ฎ๐—ท๐—ถ๐—ฏ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐˜ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป!

๐—ฆ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ป๐—ด๐—ผ๐—ฏ๐—ฟ๐—ผ๐—น, ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐˜€๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ถ ๐—น๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ ๐˜๐˜‚๐—ท๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ ๐˜€๐—ถ๐—ป๐—ถ, ๐—ต๐—ฒ๐—ต๐—ฒ

Research!

Aku sering liat komik canvas buatan anak Indo yang ceritanya sebenarnya menarik banget, tapi translasinya terlalu saklek dari Indo ke Inggris. Kalau dialognya dibikin lebih mulus, pasti bakal jauh lebih masuk ke pasar luar negeri. Mereka juga punya mindset yang beda dengan orang Indonesia kebanyakan, jadi semakin kamu tahu dan mengerti itu, ceritamu bakal lebih cocok juga untuk di luar negeri

๐—๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ด๐—ถ๐—ป๐—ถ, ๐—ž๐—ฎ๐—ธ. ๐—ง๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ถ๐—ป ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ฎ ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ป๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ผ๐—ป๐—ฎ๐—น ๐˜€๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ถ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ ๐—–๐—ฎ๐˜๐—ต๐˜†, ๐—ป๐—ถ๐—ต! ๐—”๐—ฝ๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฝ๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฝ๐˜€ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ถ๐˜€๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ?

๐——๐˜‚๐—ต, ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ต ๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ถ๐—ป ๐—ป๐—ด๐—ผ๐—ฏ๐—ฟ๐—ผ๐—น ๐—น๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ต ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ธ, ๐˜๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ ๐˜€๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜„๐—ฎ๐—ธ๐˜๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜€๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—ต๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐˜€ (๏ฝกโ€ขฬ๏ธฟโ€ขฬ€๏ฝก)

Ada quote favoritku dari Ira Glass.

โ€œNobody tells this to people who are beginners, I wish someone told me. All of us who do creative work, we get into it because we have good taste.

But there is this gap. For the first couple years you make stuff, itโ€™s just not that good. Itโ€™s trying to be good, it has potential, but itโ€™s not. But your taste, the thing that got you into the game, is still killer. And your taste is why your work disappoints you.

A lot of people never get past this phase, they quit.

Most people I know who do interesting, creative work went through years of this. We know our work doesnโ€™t have this special thing that we want it to have. We all go through this.

And if you are just starting out or you are still in this phase, you gotta know its normal and the most important thing you can do is do a lot of work.

Put yourself on a deadline so that every week you will finish one story. It is only by going through a volume of work that you will close that gap, and your work will be as good as your ambitions. And I took longer to figure out how to do this than anyone Iโ€™ve ever met.

Itโ€™s gonna take a while. Itโ€™s normal to take a while. Youโ€™ve just gotta fight your way through.โ€

๐—ฆ๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—บ ๐—ฝ๐—ฎ๐—บ๐—ถ๐˜, ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฏ๐—ผ๐—น๐—ฒ๐—ต ๐—บ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ป-๐—ฝ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐˜๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ป-๐˜๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ฟ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ท๐˜‚๐—ด๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐˜‚๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฏ๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป?

๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—บ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ต ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ธ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐˜„๐—ฎ๐—ธ๐˜๐˜‚ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜„๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ ๐—–๐—ฎ๐˜๐—ต๐˜†, ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ผ๐—ด๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ๐˜†๐—ฒ๐—ธ-๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ๐˜†๐—ฒ๐—ธ ๐—ž๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ธ ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ป ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐˜€๐—ฒ๐˜€ ๐—ธ๐—ฒ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ!

Narasumber: Cathy Octo
Penulis: MatchaPafe
Editor: mendo(an)kucai
Sumber Foto: Cathy Octo